Sejarah Virus dari Dulu Sampai Sekarang

Indo-komputer | Malware-virus, worm, trojan horse dan sejenisnya telah dikenal sebagai virus jaringan komputer pertama. Bahkan, sekarang tahun 2011 adalah ulang tahun yang ke-40 untuk virus komputer pertama yang diketahui,

Berikut ini adalah beberapa tonggak sejarah virus komputer.


1971: Creeper

Virus ini dikenal program pertama ditulis oleh seorang karyawan sebuah perusahaan Cambridge, Mass, yang dibangun dari bagian Arpanet, Program ini adalah tes lab untuk melihat apakah mungkin untuk membuat perangkat lunak yang bisa mereplikasi sendiri.

1982: Elk Cloner

Seorang siswa SMP membuat program yang bisa menyebarkan diri dan ini merupakan virus pertama di luar laboratorium. Program ini menyebar melalui floppy disk pada komputer Apple II lama-menampilkan sebuah puisi pendek pada mesin yang terinfeksi.

1983: Virus

"Virus" istilah diciptakan oleh peneliti Fred Cohen, Mahasiswa Ph.D di University of Southern California ini untuk menggambarkan program replikasi diri.

1987: Jerusalem

Virus ini dinamakan sebagai tempat yang pertama kali terdeteksi, ini adalah virus pertama yang destruktif menyebar ke seluruh dunia. Virus ini mempengaruhi komputer yang menjalankan sistem operasi DOS, menghapus beberapa program di  berbagai mesin.

1992: Michaelangelo

Virus ini dirancang untuk aktif pada tanggal 6 Maret, ulang tahun si pelukis. Penemuan  virus ini menyebabkan  banyak para ahli komputer memperingatkan bahwa jutaan komputer bisa crash pada tanggal tersebut, ketakutan itu terbukti berlebihan.


Pertengahan 1990-an: : Phishing

Phishing, digunakan oleh hacker untuk mengumpulkan informasi rahasia dengan berpura-pura menjadi sumber yang dapat dipercaya, Taktik ini merupakan terobosan baru karena tidak bergantung pada malware, melainkan mengambil keuntungan dari  para pengguna komputer yang mudah tertipu untuk mengumpulkan informasi seperti nomor kartu kredit dan password.

1999-2001: Melissa / I Love You / Anna Kournikova

Virus ini menyebar ke jutaan komputer di seluruh dunia dengan menipu penerima untuk membuka file diemail seperti dokumen Microsoft Word, link atau foto-yang berisi sebuah program yang mengirimkan pesan kepada orang-orang di daftar kontak komputer yang terinfeksi.

2001: Code Red

Virus yang menyerang Web server. situs host yang diserang  biasanya di home page webnya akan ada pesan "Hacked by The Chinese." Virus ini juga dirancang untuk membebani situs web White house dengan banjir pesan dari server yang terinfeksi.

2004: Sasser

Ini adalah virus worm internet yang pertama kali muncul, yang merupakan virus yang bisa menggandakan diri, yang efeknya terasa di luar sistem selain sistem yang terhubung ke Internet. Efek dari virus ini menyebabkan dunia bisnis meninggalkan komputer yang terinfeksi oleh virus ini untuk sementara.

2005: MyTob

Worm ini menandai titik balik dalam sejarah malware, kata Guillaume Lovet, senior manager of the threat-response team at Fortinet Inc, sebuah perusahaan security Internet. Didistribusikan melalui email massal, MyTob menciptakan sebuah "botnet" jaringan komputer yang dikendalikan yang dapat digunakan untuk mendistribusikan spam, menginstal spyware atau memulai serangan phishing. Meskipun botnet tidak baru, MyTob adalah salah satu yang pertama untuk menggabungkan sebuah botnet dan mailer massa, dan  membuat hacker menggunakan malware untuk keuntungan moneter, tidak hanya menyebabkan kerusakan seperti biasanya.

2010: Stuxnet

Virus ini merupakan virus worm komputer tercanggih  dan contoh dari malware  yang bisa digunakan menjadi cyberweapon. Menyebar melalui perangkat USB dan internet, virus ini dirancang untuk mempengaruhi sistem kontrol operasi khusus untuk industri . Banyak industri di seluruh dunia yang terserang virus ini. Meskipun tidak konklusif, serangan Stuxnet ini ditujukan untuk memperkaya uranium untuk program nuklir Iran.



Kembali ke Atas Tambah Komentar






Artikel Terkait:


Suka Artikel diatas :-)

Ayo Berlangganan Artikel Teknologi dan Software

Masukkan Alamat Emailmu Disini

*Cek email verifikasinya di kotak inbox atau spam email anda!!!

Jangan lupa Cek Email Anda Tiap Harinya..



4 comments:

Unknown said...

@Rumah thx info nya gan...

Spaniard 26 said...

Thanks Bro Infonya !!
Btw ..
Virus yang paling ganas virus yang mana ya !!
Dan
tragedi tahun 2000 itu masuk jenis ya !!

Anonymous said...

MaRRiii kiTa membUaT VIIRRUUSSS !!!

PANDU PRABOWO WARSODIREJO said...

wew

Post a Comment

Dilarang Melakukan Komentar SPAM !!!!